WASPADA ! Pneumonia, Mengancam Anak Anda


radang-paru-paru-balita
WASPADA ! Pneumonia, Mengancam Anak Anda – Pneumonia merupakan penyakit yang menyebabkan kematian balita paling tinggi di Indonesia.

Karena mirip selesma (pilek), pneumonia pada bayi sering diabaikan orangtua. Padahal, dalam satu hari, dua juta orang meninggal dunia akibat penyakit ini.

“Pneumonia ini bisa disebut juga radang paru. Penyakit ini merusak bagian paru-paru yang berfungsi menyerap oksigen, sehingga pasien kekurangan oksigen yang bisa menyebabkan kematian. Angka kematiannya cukup tinggi namun masyarakat belum aware,” tutur dr Nastiti Kaswandani, SpA(K)

Bukan tanpa sebab pneumonia menjadi masalah di Indonesia. Beberapa faktor risiko seperti polusi udara, polusi asap rokok, hingga polusi asap asap kebakaran hutan masih marak di Indonesia.menurut WHO, merupakan penyebab kematian tunggal pada anak, terbesar di seluruh dunia. Hingga saat ini, pneumonia membunuh hampir dua juta balita, atau sekitar 20% dari seluruh kematian balita di seluruh dunia.

Baca Juga : 5 GEJALA BATUK FLEK ANAK /TBC

Belum lagi faktor risiko lain seperti tidak mendapat ASI eksklusif, kurang gizi, tidak mendapat imunisasi dan berat badan lahir rendah masih bisa ditemui di pelosok Indonesia.

Ada dua jenis pneumonia berdasarkan penyebab infeksinya, pertama adalah pneumonia yang disebabkan oleh bakteri dan yang kedua disebabkan oleh infeksi virus.

  1. Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri

Kondisi kritis yang menyerang sistem pernafasan ini disebabkan oleh beberapa kelompok bakteri termasuk kelompok Strepococcus, Staphylococcus, dan Mycoplasma. Gejala yang yang sering muncul pada kondisi ini adalah demam tinggi mendadak, batuk, sesak nafas, muntah, dan diare. Si kecil yang terserang pneumonia jenis ini mungkin juga menampakan tanda seperti tidak nafsu makan, lemas, denyut nadi cepat, dan pada kondisi tertentu mulut dan kuku tampak kebiruan.

  1. Pneumonia yang disebabkan oleh virus

Gejala pneumonia pada balita yang disebabkan oleh infeksi virus diawal nampak seperti gejala selesma atau flu, kemudian perlahan berubah menjadi lebih parah dan disertai dengan demam tinggi dengan suhu diatas 38.5 oC. Kesulitan bernafas, batuk, lemas, muntah atau diare dapat pula muncul sebagai jegala jenis ini. Virus yang biasa meyebabkan kondisi ini diantaranya adalah kelompok Respiratory Syncytial Virus (RSV), influenza virus, parainfluenza virus, adenovirus, dan rhinovirus.

Kenali Gejalanya

Gejala pneumonia pada anak bermacam-macam, tergantung usia dan penyebabnya:

  1. Biasanya didahului gejala selesma berupa demam yang disertai batuk dan pilek, sakit kepala, dan hilang nafsu makan.
  2. Pada perkembangan selanjutnya, akan timbul 2 gejala penting pneumonia, yaitu napas cepat dan sesak napas.
  3. Jika usia anak kurang dari 2 bulan, napasnya lebih cepat dari 60 kali per menit. Jika usianya 2-12 bulan, napasnya lebih cepat dari 50 kali per menit. Sedangkan jika usianya 1-5 tahun, napasnya lebih cepat dari 40 kali per menit.
  4. Untuk kategori sesak napas, ditandai dengan napas pendek, hidung kembang kempis.
  5. Pada kasus pneumonia berat, terlihat adanya tarikan dinding dada bagian bawah ke dalam (TDDK), kejang, penurunan kesadaran dan suhu tubuh.

Penyakit ini dinyatakan sebagai pembuhun teganas bagi anak dibawah usia 5 tahun di dunia. Kematian pada anak usia balita akibat pneumonia lebih banyak bila dibandingkan akibat penyakit lain termasuk malaria, AIDS, dan campak. Bahaya yang mengancam balita sangat serius. Seringkali orang tua menyepelekan tanda awal yang nampak seperti gejala flu biasa.

Bagaimana cara mengobati pneumonia pada balita?

Pneumonia yang disebabkan oleh bakteri ditangani dengan pemberian obat jenis antibiotik sesuai dengan jenis bakteri penyebannya. Untuk meringankan gejala-gejala yang menyertai problem pernapasan akut ini, dokter biasa merekomendasikan terapi menggunakan alat cool mist humidifier, yaitu memberikan uap yang telah dicampur dengan obat tertentu untuk dihisap sikecil.

Pneumonia yang disebabkan oleh virus biasanya relaif lebih ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya saat kekebalan tubuh si kecil kembali normal. Obat antibiotik tidak bisa diberikan pada jenis penyakit ini. Penanganan terbaik untuk kondisi ini adalah membiarkan sikecil istirahat total sambil memberikan cukup asupan nutrisi dan cairan. Dokter dapat memberikan obat-obat yang dapat menurunkan gejala penyakitnya.

Agar anak terhindar dari penyakit pneumonia

Sebagai tahap pencegahan ayah bunda bisa memberikan imunisasi khusus penyakit pneumonia pada sikecil. Pastikan lingkungan tumbuh kembang mereka selalu bersih, biasakan mencuci tangan sebelum makan, setelah bermain di luar, atau setelah bermain dengan hewan peliharaan.

Hindari si kecil terkena asap rokok. Jika ada anggota keluarga yang merokok, persilahkan mereka untuk merokok diluar. Jangan sepelekan gejala-gejala seperti pilek dan batuk berkepanjangan, segera temui ahli medis untuk berkonsultasi jika diperlukan.

“Pesan kuncinya adalah lindungi balita dari pneumonia dengan ASI eksklusif dan gizi cukup. Juga jauhkan balita dari dapur, apalagi dapur yang menggunakan kayu bakar. Tidak lupa juga untuk menjauhkan anak dari asap rokok.”

 

Artikel Menarik Lainnya :

AWAS BAHAYA SUSU FORMULA !

Jangan Sepelekan Biang Keringat Pada Anak | Penyebab dan Tips Menghilangkan

==============================================================

REKOMENDASI : VITABUMIN NUTRISI GEMUK SEHAT ANAK PENGGANTI SUSU
PERTAMA DI INDONESIA MADU PLUS ALBUMIN – VITABUMIN
==============================================================
VITABUMIN MENINGKATKAN NAFSU MAKAN & BERAT BADAN ANAK–TERBUKTI !!

VITABUMIN, Madu Albumin Anak—PERTAMA di Indonesia! Perpaduan Madu + Ekstrak Albumin Ikan Gabus, diperkaya Ekstrak Temulawak dan Pegagan. Formula anak usia 1- 12 tahun dengan rasa lezat madu alami disukai anak sangat baik untuk:

  • Menambah nafsu makan & berat badan anak,
  • Menterapi Alami Anak penderita flek / TBC (Bisa dikombinasikan Dengan resep Dokter)
  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit
  • Sebagai nutrisi lengkap tumbuh kembang anak

agen-vitabumin

KONSULTASI & PEMESANAN (CALL/ SMS/ WA)

CS Dian : 085.729.146.516  / PINBB : 5B6B1533
CS Rani : 081 227 055.492 / BBM 589EE5F4
CS Nisa : 085 647.922.799 / BBM 5B756825
CS Ardhi : 081 227.277.762 / BBM 5B06BA34
CS Intan : 085.640.942.982 / PINBB : 5B6B1533
CS Anin : 0857.2914.6610 / BBM : 5D75A189

 

 

>> TESTIMONI PENGGUNA VITABUMIN – MADU ALBUMIN ANAK

1.”Alhamdulilah berat badan anak Saya naik setiap bulan, makannya juga gak susah. Bulan sekarang terakhir pengobatan flek. Kalau lagi di posyandu banyak yang nyanjung. Kebetulan minum vitabuminya dicampur dengan susu” – Bunda Bayu (Indramayu)

2. “Sekarang si kecil meningkat nafsu makanya, bobotnya juga naik. Padahal kemaren susah naiknya, 2 bulan lagi selesai minum resep flek dokter bun, mohon doanya , Saya jadinya pesan 5 sekalian ya bun.”– Bunda Lia (Purwokerto)

3. “Alhamdulilah anakku cocok dengan Vitabumin, bun. Sekarang makannya banyak, bobotnya juga naik 2 kg sejak beli kemaren Saya dan Ayahnya seneng banget, bun, makanya saya pesan lagi. “– Bunda Hannah(Jakarta)

4. “Sejak pembelian yang ke 2, anak saya sudah naik berat badan 3kg. Teman-teman arisan banyak yang muji si kecil jadi gemukan. Aku tawari temen-temen Vitabumin langsung pada ikutan beli. Saya pesan 10 lagi bun. – Rina (jakarta)

 

HARGA : RP 60.000,- ukuran 130 ml

 

Salam Sehat,

vitabumin

Artikel Lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *