VITABUMIN – Kenali Gejala Bronkitis Pada Anak Dan Cara Mengobati


VITABUMIN – KENALI GEJALA BRONKITIS PADA ANAK DAN CARA MENGOBATI

VITABUMIN – GEJALA DAN PENGOBATAN BRONKITIS

VITABUMIN – Bronkitis berasal dari kata bronkus dan itis. Bronkus adalah saluran napas besar, sedangkan itis adalah istilah medis yang menunjukkan adanya reaksi peradangan. Bronchitis adalah peradangan disebabkan oleh basil atau virus dan berbagai zat polutan seperti zat kimia dari rokok atau asap rokok dan unsur polusi lainnya.

Jangan anggap sepele bila batuk pilek anak kerap berulang, waspadai sebagai gejala bronkitis. Sering para orang tua beranggapan wajar kalau si kecil sedikit-sedikit batuk pilek, baru sembuh batuk pilek lagi, begitu seterusnya. Ternyata justru hal itu bisa merupakan gejala awal bronkitis. Untuk mencegah bronkitis pada anak, sebagai orangtua harus mengajari anak-anak bagaimana cara membasuh tangan secara benar agar terhindar dari penyebaran bakteri dan virus penyebab bronkitis, membatasi agar tidak terkena polusi udara, serta direkomendasikan juga untuk mendapatkan vaksin flu. Anda juga bisa memberikan propolis nado pada anak, agar daya tahan tubuhnya lebih kuat melawan virus sehingga jika anak sampai terjangkit virus tersebut, tubuh anak akan cepat pulih kembali.

Bronkitis pada anak sering terjadi ketika si anak tertular penyakit ini. Peradangan ini terjadi pada batang tenggorokkan dan mengakibatkan keluarnya lendir. Adanya lendir ini membuat tubuh bereaksi batuk-batuk yang merupakan mekanisme untuk membersihkan lendir. Keadaan ini akibat dari meradangnya saluran napas yang menghubungkan tenggorokan dengan paru-paru (bronchus). Ketika ada reaksi peradangan di saluran napas, area tersebut akan tampak kemerahan, sembab/ membengkak, serta memproduksi lendir yang agak banyak  hal ini yang menyebabkan timbulnya batuk-batuk pada Anak. Jadi, gejala bronkitis adalah batuk yang disertai produksi dahak yang banyak.

Artikel Menraik Lainnya >>> WASPADAI 5 GEJALA BATUK FLEK ANAK /TBC

Penyebab dari bronkitis pada anak, umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Bila batuk berlangsung lama, biasanya ini karena alergi. Terkadang pada kasus-kasus tertentu, bronkitis pada anak tidak berbahaya dan sembuh dengan sendirinya.

Merokok seringkali menjadi penyebab bertambah parahnya bronkitis pada orang dewasa. Jika orangtua merokok, kemungkinan besar anak yang masih kecil, bayi, anak-anak yang sering menghirup asap rokok (terkena asap dari orang tuanya yang perokok) dan anak-anak yang sebelumnya sudah mempunyai masalah dengan paru-paru dan jantungnya berisiko terkena bronkitis akut.

Terkadang gejala bronkitis pada anak mirip dengan gejala penyakit lainnya. Yang perlu diperhatikan adalah perubahan suara menjadi serak (batuk jarang; dahak pasti tak banyak). Jika ini terjadi, sangat mungkin anak bukan menderita bronkitis. Mungkin saja, ada reaksi peradangan di pita suara.

Gejala bronkitis

Ketika anak anda mulai terserang bronkitis, hal pertama yang mungkin teradi adalah anak anda merasakan gejala kedinginan seperti merasa sakit tenggorokan, menggigil, merasa kelelahan, hidung yang meler, dan demam ringan yang terjadi. Setelah tahap tersebut anak-anak akan mengalami batuk yang kering dan tidak produktif namun dapat mengahasilkan lendir yang berwarna kehijauan atau kekuningan sehingga memungkinkan anak-anak untuk muntah ketika batuk.

Hal tersebut disertai dengan rasa sakit pada bagian dada dan merasa sesak nafas sehingga menyebabkan nafas menjadi bersuara atau yang biasa disebut bengi. Jika bronkitis masuk dalam tahap kronis, demam akan mengalami kenaikan selama beberapa hari dan batuk akan terjadi selama beberapa minggu. Meskipun Bronkitis lebih sering terjadi pada orang dewasa daripada anak-anak, namun tidak menutup kemungkinan hal tersebut akan menyerang anak-anak terutama pada anak yang hidup dengan perokok aktif. Biasanya perokok aktif atau perokok pasif yang berada di sekitar peroko aktif akan memiliki tanda-tanda bronkitif kronis. Oleh karenanya itulah alasan penting mengapa anda harus menghindari atau sebisa mungkin menjauhkan diri dan keluarga anda dari perokok aktif atau udara kotor yang dapat dihirup.

Periksakan ke dokter jika anak Anda mengalami:

  • Panas tinggi
  • Demam dan batuk dengan dahak yang sangat kental atau bahkan mengandung darah
  • Masalah kronis pada jantung atau paru-parunya
  • Sesak napas, atau napasnya pendek-pendek
  • Gejala-gejala bronchitis di atas lebih dari 3 minggu selalu terjangkit bronchitis

    Baca Juga : Jangan Sepelekan Biang Keringat Pada Anak

MANFAAT MADU DICAMPUR LEMON

Madu dan lemon juga dapat membantu melonggarkan kemacetan yang menyebabkan batuk dan kesulitan lain dengan bronkitis

Madu dan jus lemon dapat dicampur dengan bagian yang sama dan ambil sesendok untuk meredakan gejala bronkitis. Penggunaan yang paling umum ketika merawat bronkitis adalah dengan menambahkan beberapa sendok teh madu dan satu jus lemon ke air panas atau teh panas. Menghirup madu dan lemon dengan cara ini memberikan bantuan lebih lanjut karena suhu cairan yang hangat. Ini juga membantu mencegah dehidrasi.

Madu dan lemon dapat digunakan untuk mengobati bronkitis pada anak-anak, tetapi jangan digunakan untuk bayi kurang dari 1 tahun. Pemberian madu harus dihindari pada bayi karena bisa menyebabkan botulisme (penyakit yang dapat terjadi ketika bayi terserang bakteri).

Madu dan lemon mungkin tidak memberikan bantuan yang sama untuk semua individu. Jika gejala memburuk atau tidak membaik, segeralah menghubungi dokter Anda untuk mendapatkan metode pengobatan lain.

Hindari mengkonsumsi antibiotik untuk bronkitis virus karena tidak akan efektif kecuali infeksi bakteri terjadi sekunder pada peradangan saluran napas. Minum setidaknya delapan gelas per hari, termasuk air panas atau campuran teh.

Salam Sehat,

VITABUMIN

Artikel Lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *