Sayuran Penambah ASI Untuk Mama Muda 1


Sayuran Penambah ASI Untuk Mama Muda

Sayuran Penambah ASI Untuk Mama Muda

Banyak mama muda yang sering merasa kesulitan saat awal-awal harus memberikan ASI untuk bayi mereka. Bahkan tak sedikit para mama muda yang ASInya tidak bisa langsung keluar setelah melahirkan. Ditambah lagi, bayi baru lahir biasanya sering mengalami kebingungan puting.

Akhirnya, entah karena frustrasi atau kurang sabar, dan juga kasihan dengan bayi yang kelaparan, susu formula pun menjadi pilihan. Padahal, sebenarnya kita hanya perlu sedikit bersabar dan berusaha. Ada banyak cara untuk dapat membuat ASI Anda menjadi lancar dan berlimpah.

ASI adalah makanan dan minuman untuk bayi yang baru saja dilahirkan. Sampai bayi berumur 6 bulan, bayi baru boleh makan dan minum ASI saja. Barulah setelah umur bayi 6 bulan, ibu bisa memberinya makanan pendamping ASI atau yang dikenal dengan MPASI berupa bubur lembut dan nasi tim. ASI penting untuk kesehatan, kekebalan dan juga kecerdasan bagi bayi. Oleh sebab itulah penting bagi ibu yang menyusui mengetahui berbagai macam makanan untuk memperbanyak ASI.

Banyak sayuran yang mudah dijumpai bisa digunakan untuk memperbanyak ASI ibu, sayangnya tidak semua ibu tahu sayuran tersebut bisa berguna dalam memproduksi ASI ibu. Berikut ini adalah berbagai macam sayuran yang terbukti bisa digunakan untuk memperbanyak produksi ASI ibu.

Berikut Ini Sayuran Penambah ASI

  • Daun Katuk

Daun katuk rasanya pahit, diperlukan proses masak yang tepat agar daun katuk tidak terasa pahit kembali. Namun daun katuk memang menjadi pantangan makanan ibu hamil karena rasanya yang pahit. Daun katuk digunakan untuk cara memperbanyak ASI sebab daun katuk mengandung banyak protein yang dibutuhkan.

  • Bayam

Bayam baik sebagai makanan penambah zat besi. Zat besi bermanfaat dalam pembentukan sel darah merah di dalam tubuh ibu yang menyusui. Bayam juga memiliki enzim bernama phytoestrogens yang bermanfaat untuk memproduksi ASI. Enzim itu juga terdapat pada sayuran yang berwarna hijau tua lainnya. Oleh sebab itu, makanan untuk memperbanyak ASI tidak hanya pada bayam saja namun juga pada sayuran hijau tua yang lainnya.

  • Kemangi

Daun kemangi bermanfaat untuk memperbanyak ASI. Enzim phytoestrogens yang ada pada daun kemangi bisa digunakan untuk memproduksi ASI dalam jumlah yang banyak. Kemangi juga memiliki berbagai macam manfaat lainnya diantaranya adalah menenangkan, meningkatkan gerakan usus sehingga mencegah sembelit serta meningkatkan nafsu makan. Kemangi juga bisa digunakan untuk mencegah munculnya bau badan yang tidak sedap di dalam tubuh.

  • Labu

Sama halnya dengan sayuran hijau, labu juga memiliki kandungan zat besi meskipun jumlahnya lebih sedikit dibandingkan dengan sayuran yang warnanya hijau.

  • Sayur Merah

Sayur yang berwarna merah bisa digunakan untuk memprosuksi ASI. Alasannya adalah sayur yang berwarna merah seperti bit, ubi jalar, bayam merah, sawi merah dan kangkung merah kaya akan beta karoten yang baik untuk mata dan bisa digunakan untuk memperbanyak produksi ASI. Khasiat sayur merah ini juga banyak mengandung manfaat asam folat bagi ibu hamil.

  • Pare

Mungkin tidak semua orang menyukai pare dikeranakan rasanya yang pahit, namun siapa sangka jika dibalik rasa pahitnya pare kaya akan vitamin dan juga berbagai macam nutrisi. Tidak hanya itu saja, pare juga bisa digunakan untuk memperbanyak ASI.

  • Jagung

Jagung manis bisa digunakan untuk memperbanyak ASI. Kandungan karbohidrat dan juga protein di dalam jagung bisa digunakan untuk memperbanyak ASI, bahkan ibu yang sehabis melahirkan dan ASInya belum keluar bisa dipacu dengan mengkonsumsi jagung.

  • Pohon Pepaya

Semua yang ada di pohon pepaya bisa digunakan untuk memperbanyak ASI ibu. Semua yang ada di pohon papaya mulai dari buahnya, bunganya dan juga daunnya bisa digunakan untuk memperbanyak ASI. Saat ibu menyusui, ibu membutuhkan banyak protein dalam memproduksi ASI. Buah pepaya juga memiliki banyak cairan sehingga buah pepaya baik untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam memproduksi ASI.

Bagaimana, para mama muda? Sangat mudah bukan, untuk membuat ASI Anda menjadi lancar dan berlimpah? Jika ASI lancar dan berlimpah, maka bayi akan tenang dan dapat tidur dengan nyenyak, sehingga mama dapat beraktivitas dengan baik. Selamat mencoba!


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Sayuran Penambah ASI Untuk Mama Muda