Jenis gendongan yang paling sesuai untuk orang tua dan si kecil?


Ada banyak jenis gendongan bayi dan masing-masing memiliki keunikannya sendiri-sendiri. Tentunya akan sangat membingungkan bagi para orangtua untuk memilih gendongan bayi yang cocok jika belum mengenal salah satunya. Berikut ini berbagai jenis gendongan bayi yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan:

  1. Shawl

Di Indonesia shawl lebih dikenal dengan istilah selendang, awalnya merupakan pakaian tradisional yang berbentuk kain panjang. Seiring berkembangnya zaman selendang tenyata juga sangat cocok digunakan untuk menggendong bayi umur 0 hingga 2 tahun. Terbuat dari kain tipis tapi kuat membuat selendang sangat diminati para ibu untuk menggendong buah hatinya hingga sekarang.

Shawl

Shawl

  1. Soft structured baby carrier

Juga dikenal dengan istilah boba carrier, merupakan gendongan bayi terkenal yang diproduksi oleh Boba. Inc. Boba carrier dibuat dari bahan kain bertekstur lembut, memiliki bentuk atau disain yang sangat ergonomis sehingga aman bagi bayi dan sangat mudah digunakan.

Soft structured baby carrier

Soft structured baby carrier

  1. Baby ring sling

Model gendongan bayi sling hampir mirip dengan model gendongan selempang. Model gendongan ini dibuat dari kain selendang yang memiliki 2 buah lingkaran terbuat dari bahan plastik maupun metal dan melekat pada salah satu ujungnya. Fungsi dari kedua lingkaran tersebut sebagai pengait simpul untuk mengikat gendongan.

Baby ring sling

Baby ring sling

  1. Baby wrap

Baby wrap juga sering disebut dengan gendongan kangguru. Baby wrap dibuat dari kain lembut dan panjang berukuran sekitar 5 hingga 6 meter. Gendongan ini sangat cocok untuk bayi usia 5 bulan – 1 tahun dengan bobot tubuh yang berat. Namun, karena berat bayi hanya ditopang oleh kekuatan tulang punggung orangtua, maka baby wrap sangat tidak cocok digunakan pada anak usia di atas satu tahun dengan berat badan di atas 10 kg atau lebih.

Baby wrap

Baby wrap

  1. Mei Tai baby carrier

Merupakan gendongan bayi asal negeri China berbentuk empat persegi yang memiliki kain pengikat di setiap penjurunya. Berbeda dengan gendongan model sling, kelebihan Mei Tai ialah berat badan bayi ditopang oleh kedua bahu, sehingga memungkinkan orangtua menggendong bayinya di sebelah depan maupun belakang tanpa mengalami banyak kendala.

Mei Tai baby carrier

Mei Tai baby carrier

  1. Front-facing carrier

Hampir mirip dengan Boba carrier, sayangnya front baby carrier hanya memungkinkan bayi yang digendong menghadap ke arah depan saja. Banyak ahli tidak menyarankan orangtua menggunakan gendongan model ini, alasannya cukup sederhana, yaitu supaya bayi tidak melihat seluruh situasi yang ada di depannya. Apabila bayi menghadap badan orangtua mereka bisa istirahat ketika letih, mata mereka juga terlindung dari debu dan dari pancaran sinar matahari yang menyilaukan.

Front-facing carrier

Front-facing carrier

  1. External frame child backpack

Adalah gendongan bayi berbentuk tas ransel. Sesuai dengan namanya gendongan ini memungkinkan orangtua bisa menggendong bayinya (usia di atas satu tahun) sekaligus membawa beberapa barang keperluan lainnya. Gendongan model ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang memiliki hobi beraktivitas di luar ruangan seperti naik gunung dan lintas alam.

External frame child backpack

External frame child backpack

  1. Noken

Noken sebetulnya merupakan tas tradisional masyarakat Papua, dibuat dari bahan serat kayu yang kemudian dirajut sedemikian rupa menyerupai tas. Dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Papua, noken digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari. Namun dalam praktiknya, tidak sedikit mama-mama di Papua menggunakan noken untuk menggendong bayinya. Cara menggunakan noken cukup sederhana, yaitu dengan meletakkan tali di atas kepala.

  1. K’tan

Adalah jenis gendongan bayi yang banyak digunakan oleh ibu-ibu di Afrika. Model gendongan K’tan hampir mirip dengan baby wrap, hanya saja memiliki ukuran yang lebih pendek. Cara menggunakannya pun tidak jauh beda dan memiliki beberapa posisi gendongan antara lain Kangguru, hug position, advanture posisition, hip posisition, dan explore position. Kelebihan gendongan K’tan lainnya, yaitu memiliki kemampuan untuk membawa anak dengan berat badan hingga 15 kg.

Sekarang Anda sudah tahu berbagai jenis gendongan unik dan menarik yang ada di dunia. Anda bisa menentukan gendongan mana yang sekiranya pas dan cocok untuk digunakan membawa buah hati Anda. Namun, tetap bijaksanalah sebelum membeli. Memang ada harga ada rupa, tetapi yang lebih penting adalah mengutamakan kenyamanan serta keamanan bayi Anda.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *