Jangan Kompres Dahi Anak Saat Demam Tinggi 1


Jangan Kompres Dahi Anak Saat Demam Tinggi

 Apakah Si kecil demam?

Pertolongan apa yang biasanya dilakukan? Ya kompres!. Metode ini diyakini efektif usir demam. Selain minum dalam jumlah banyak, kompres adalah pertolongan pertama yang paling mudah dilakukan dalam melawan demam. Demam bukan penyakit. Demam bagian dari respons tubuh dalam mengatasi penyakit.

Dengan adanya demam, berarti badan menunjukkan usaha mengatasi penyakit. Beberapa penyakit yang diawali dengan gejala demam seperti demam berdarah, campak, rubela, batuk pilek dalam berbagai tingkat keganasan. Pertanyaan yang muncul kemudian, kompres pakai air Hangat atau Air Dingin?

Sebenarnya turun atau tidaknya demam dipengaruhi banyak hal terutama penyebab demam itu sendiri. Tetapi kompres hangat dapat minimal membuat anak lebih nyaman dan hampir 90 persen berhasil menurunkan demam, Begitu mujarabnya kompres, sehingga mayoritas ibu memilih teknik ini saat buah hati demam.

Kompres yang benar, yang digunakan saat ini, adalah kompres hangat atau air suam kuku. Kompres dengan air dingin tidak digunakan lagi karena hanya menurunkan demam sesaat dan justru akan menimbulkan demam lebih tinggi setelahnya.

Meletakkan kompres di dahi saat anak terserang demam adalah hal yang keliru. Sayangnya, masih banyak orangtua yang melakukan hal tersebut untuk menurunkan demam sang buah hati. Akan tetapi sebagian besar ibu salah kaprah dalam mengompres. Yakni mengompres hanya di dahi saja.

“Orang tua seringkali salah memahami bahwa mengompres itu di bagian dahi anak yang demam,” kata Mulya Rahma Karyanti, dokter spesialisas anak. Bagian tubuh yang seharusnya dikompres, lanjutnya, daerah lipatan, pangkal paha dan area leher. Mengapa area leher yang harus dikompres? Karena di area inilah terdapat pembuluh darah terbanyak, selain daerah lipatan seperti ketiak. Saat demam, area tubuh yang terdapat pembuluh darah inilah yang semestinya dikompres, bukan dahi. Kalau di dahi, tentu terhalang oleh tengkorak kepala,” alasannya.

BACA JUGA : WASPADA ! Pneumonia, Mengancam Anak Anda

Mengompres anak yang tiba-tiba demam tinggi dan diduga terkena demam berdarah dengue (DBD), menurut Karyanti, merupakan pertolongan pertama yang harus diberikan oleh orangtua. Penyakit yang disebabkan nyamuk ini memang tengah mewabah akhir-akhir ini.

Berdasarkan data WHO, Indonesia menempati peringkat kedua sebagai negara dengan kasus DBD tertinggi dengan beban ekonomi mencapai 300 juta dolar AS per tahun.

“Jika anak demam mendadak dengan suhu yang tinggi, berikan saja minum air putih sesering mungkin agar tidak dehidrasi. Bisa juga dengan memberi minuman bernutrisi seperti jus,” terang dokter yang juga Ketua Divisi Infeksi Departemen Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Jika kekurangan cairan, demam akan meninggi. Setelah dikompres, perbanyak minum. Fungsinya, menjaga kecukupan cairan dan mencegah timbulnya panas lebih tinggi.

Selain air putih dan jus, cairan elektrolit, seperti susu dengan nutrisi yang lengkap juga dapat diberikan pada anak berusia 7-12 tahun.

Untuk pemberian obat, Karyanti menyarankan obat penurun panas yang berkomposisi paracetamol dapat diberikan selama empat jam sekali.  Karyanti menjelaskan prinsip obat pada anak penderita DBD adalah dengan memberinya banyak cairan agar tidak dehidrasi. Jika anak sulit untuk diberi asupan minum, cara terakhir adalah dengan memberi infus.

Jika sudah dikompres, biarkan ia beristirahat. Jangan bangunkan anak hanya untuk memandikan atau memberi obat penurun panas. Makin banyak beristirahat, makin cepat sembuh. Hal lain yang patut dicamkan, tidak ada korelasi antara demam dan makanan pantangan.

Selama demam dan sakit, metabolisme akan terganggu. Sebaiknya mengonsumsi makanan yang lunak sehingga mudah dicerna. Satu lagi, hindari memakaikan pakaian berlapis dan selimut tebal karena itu malah menyulitkan kulit anggota keluarga yang sakit untuk melakukan pertukaran panas dengan udara yang membuat meningkatnya suhu demam anak anda.

Bunda, itulah informasi tentang demam, dan pilihan kompres untuk buah hati. Semoga Artikel Ini Bermanfaat Untuk Bunda dan Buah Hati. Terima kasih 🙂

vitabumin-aman

vitabumin

 =======================================================
REKOMENDASI : VITABUMIN MADU ALBUMIN PERTAMA DI INDONESIA
MENINGKATKAN NAFSU MAKAN & BERAT BADAN ANAK–TERBUKTI !!
========================================================

Madu Albumin Anak—PERTAMA di Indonesia! Perpaduan Madu + Ekstrak Albumin Ikan Gabus, dan diperkaya Ekstrak Temulawak . Formula anak usia 1- 12 tahun dengan rasa lezat madu alami disukai anak sangat baik untuk:

– Nutrisi Pengganti Susu
– Terapi Alami Anak penderita flek / TBC
– Menambah nafsu makan & berat badan anak
– Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Terhadap Penyakit

INFORMASI & PEMESANAN (SMS/BBM/WA)

CS Rani : 081 227 055.492 / BBM 589EE5F4
CS Nisa : 085 647.922.799 / BBM 5B756825
CS Ardhi : 081 227.277.762 / BBM 5B06BA34
CS Dian : 085.729.146.516 / PINBB : 5B6B1533
CS Intan : 085.640.942.982 / PINBB : 589E.70D8
CS Anin : 0857.2914.6610 / BBM : 5D75A189

Harga : Rp 60.000,-

Salam Sehat,

VITABUMIN

Artikel Lainnya


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Jangan Kompres Dahi Anak Saat Demam Tinggi