Batuk Biasa atau Batuk Flek?? BUNDA WAJIB BACA INI !


batuk-flek

 

 

WASPADAI 5 GEJALA BATUK FLEK ANAK /TBC

Flek paru-paru menyerang anak, biasanya ditandai dengan bernafas terdengar suara dari paru-parunya. Mayoritas penderita flek paru-paru, karena tertular dari orang lain yang menderita flek paru-paru.

Istilah flek, sebenarnya berasal dari bahasa Belanda yang berarti bercak. Secara medis, istilah ini umum digunakan dokter untuk menunjukkan kelainan yang terlihat pada hasil foto rontgen. Istilah flek paru-paru biasanya digunakan sebagian dokter untuk memperhalus istilah TBC. Menurut literatur, bercak ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai hal, misalnya lendir karena infeksi atau alergi, proses radang seperti pada infeksi akibat TBC atau kuman yang lainnya.

Salah satu sebab batuk flek mengakibatkan resiko berbahaya bagi anak adalah, karena orang tua tidak mengetahui Gejala Awalnya & terlambat melakukan pencegahan. TB sulit diteksi salah satunya karena bakteri Tuberculosis berkembang perlahan dengan gejala awal yang tidak jelas. Paling cepat dapat dideteksi sekitar 4 bulan kemudian. Sehingga seringkali kita tidak mengetahui sebenarnya siapa yg jadi penular penyakit tersebut. Perhatikan pula bahwa yang dapat berpotensi menjadi penular adalah orang dewasa. Rata-rata yg sudah berpotensi menularkan kuman tersebut adalah berkisar 14 tahun keatas.

Penular juga sangat mungkin adalah justru orang-orang terdekat si buah hati. Semisal Ayah, Kakek, Nenek, Paman yang memiliki rekam menderita TBC. Hal ini tentu menjadi sulit untuk dihindari karena buah hati memiliki intensitas sentuhan yang sering dengan orang-orang terdekatnya. Hal ini salah satu sebab Flek banyak diderita oleh anak-anak. Selain itu juga Masih sering terjadi kesimpangsiuran informasi tentang gejala dan tanda TB pada anak, baik yg didengar dari masyarakat umum, bahkan petugas kesehatan sendiri.

Agar lebih memudahkan dalam mengenalai penyakit ini, Berikut 5 Gejala batuk Flek Anak:

  1. SAKIT & DEMAM LAMA BERULANG

Demam pada anak adalah hal yang biasa. Beberapa ahli kesehatan bahkan berpendapat bahwa demam sesungguhnya adalah mekanisme tubuh si anak yang sedang memperkuat dirinya dari serangan penyakit luar. Sehingga setelah demam terlewati biasanya anak terlihat lebih segar, banyak makan dan kuat. Demam biasa ada sebab jelasnya seperti flu, adanya peradangan, Diare dsb. Namun bila demam berlangsung lama dan berulang-ulang tanpa sebab yang jelas, Bunda peerlu mempertimbangkan bahwa ini boleh jadi gejala flek. Ditambah lagi semakin hari anak semakin terlihat kurus dan lesu.

  1. SERING BATUK TANPA SEBAB

Batik yang sering terjadi pada anak dalam jangka waktu yang lama, bisa dipertimbangkan sebagai salah satu gejala Flek. Apalagi diketahui di salah satu keluarga (paman, kakek, bibi) ada yng mengidap TBC. Namun demikian batuk juga bisa disebabkan karena alergi alergijenis protein (telur, udang, dll).

  1. KERINGAT MALAM

Bayi atau anak yang berkeringat banyak pada malam hari. Bunda harus bisa membedakan keringat biasa dengan keringat karena gejala Flek. Caranya adalah perhatikan suhu ruangan bila suhu ruangan normal anak berkeringat itu hal biasa karena anak lebih mudah berkeringat dalam tidur karena dalam masa pertumbuhan. Namun bila suhu udara dingin dan anak Bunda banyak berkeringat, boleh jadi ini adalah gejala awal Flek.

  1. PEMBESARAN KELENJAR DI LEHER

Ciri yang khas pembesaran kelenjar oleh sebab flek atau TB adalah kelenjar teraba lebih dari satu, diameter berkisar 1 cm. Ciri untuk kanker kelenjar getah bening adalah ditemukan juga pembesaran di bagian2 tubuh yang lain, seperti di lipat paha, ketiak, atau pembesaran limpa. Ada pula TB jenis lain, yang sering muncul mirip abses/bisul pada leher atau sekitar leher yang sulit sembuh, sering lebih dari satu, pikirkan juga kemungkinan TB. Namun bila ada luka di sekitar kepala karena benturan, lecet, sariawan, sakit gusi dsb, maka Bunda tidak perlu khawatir karena Benjolan itu adalah kelenjar getah bening yang memang bermanfaat untuk membentuk pasukan pertahanan untuk melawan infeksi yang ada disekitarnya.

  1. KURUS & SULIT MAKAN

Masalah ini mungkin paling sering dikeluhkan, dan paling dikaitkan dengan gejala flek/TB. Tidak salah, tapi juga belum tentu benar. Karena Kurus bisa terjadi karena kurangnya asupan nutrisi pada anak. Semisal terlalu bergantung pada susu formula dan tidak mau makan. Namun bila anak (dirasa) sudah cukup mendapat asupan nutrisi, tapi tetap kurus. Ini juga mungkin berkaitan dengan kasus TB.

Baca Artikel Menarik Lainnya BAHAYA SUSU FORMULA BAGI ANAK

 

Apabila dari lima Gejala batuk Flek Anak , tersebut Bunda menemukan banyak diantaranya yang sama. Disarnkan untuk memastikan apakah anak Bunda mengidap flek. Adapun tahapan yang biasa dilalui ada tiga tahap yakni ronsen , cek darah dan tes mantox. Tentu saja bunda harus berkonsultasi dengan dokter anak setempat.

Selamat Mencoba Bunda…

 Baca Artikel Menarik Lainnya:  Tips Hidup Sehat Agar Terhindar Penyakit di Masa Tua

 

Artikel Lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *