Cara Agar Anak Mau Makan Nasi


Cara Agar Anak Mau Makan Nasi

Cara Agar Anak Mau Makan Nasi

Anak Susah Makan Menjadi Masalah Umum

Orang tua pasti akan merasa resah jika anaknya tidak mau makan nasi, Bunda sudah capek capek buat makanan yang terbaik buat anaknya malah anak tidak mau memakannya. Bahkan jika dimakan hanya dibuat mainan saja makanan tersebut.

Anak tidak mau makan nasi terkadang hanya karena ingin sesuatu yang berbeda. Namun kondisi seperti itu ya jangan diikuti terus karena nanti juga akan membuat anak menjadi manja.

Jika anak anda susah makan nasi, Jangan panik dulu kunci utamanya. Sebaiknya cari tahu terlebih dahulu mengenai apa kira-kira penyebab sampai si kecil mogok makan nasi. Nah ini juga PR lho para orang tua. Sebaiknya cari tahu dulu penyebab anak tidak mau makan itu seperti apa. Apa karena tidak ada teman, atau makanan kurang menarik dan sebagainya.

Berikut 2 penyebab biasanya anak tidak mau makan nasi

  • Pertama, karena pengaruh proses makannya.

Artinya anak tidak melewati fase pemberian makanan secara baik dan benar. Harusnya, setelah ASI eksklusif 6 bulan, anak mulai dikenalkan dengan makanan tepung-tepungan seperti bubur susu, kemudian diusia 7 bulan dikenalkan dengan makanan yang lebih padat seperti nasi tim yang dihaluskan lalu disaring. Selanjutnya di usia 8 bulan dikenalkan dengan makanan tepung agak kasar tapi belum sampai seperti nasi, yaitu bubur nasi beserta lauk-pauknya. barulah di usia 9 bulan dikenalkan dengan nasi lembek atau nasi tim, dan lauk pauknya sudah bisa dipisah-pisah baik sayuran maupun lauknya. Setelah usia di atas setahun sudah bisa mengkonsumsi makanan keluarga, tetapi tetap lunak dan rasanya pun tidak pedas atau merangsang.

  • Kedua, memang pada dasarnya anak tidak suka nasi

Bisa saja ini tanpa alasan yang jelas, anak memang benar-benar tidak doyan atau ia bosan makan nasi. Toh, ketika dicoba makanan pengganti seperti mie, roti, atau kentang, ia mau-mau saja. Meski begitu, tidak usah cemas, karena tidak ada dampak yang terlalu berarti. Asalkan anak tetap makan makanan pengganti/sumber karbohidrat yang lain, seperti: bihun, bubur beras, biskuit, havermout, kentang, krakers, makaroni, pasta, mie, roti, singkong, tepung sagu, tepung hunkwe, tepung singkong, tepung terigu, tepung maizena, tepung beras, talas maupun ubi.

Cara Mengatasi Anak Susah Makan Nasi Setiap Hari

  • Cara Agar Anak Mau Makan Nasi yaitu dengan menyajikan makanan dalam porsi kecil

Makanan dengan porsi sedikit akan membuat anak tidak malas untuk makan dan mengurangi rasa jenuh saat makan dan makanan yang di sajikan akan mencukupi kebutuhan nutrisi untuk tubuh anak.

  • Cara mengatasi anak susah makan dengan membuat variasi makanan

Bunda bisa mencoba menyajikan makanan dalam banyak pilihan, dan membiarkan anak untuk memilih makanan yang di inginkan dan di sukai. Tentu makanan yang bunda sediakan harus mencukupi gizi seimbang.

  • Cara mengatasi anak susah makan dengan menyajikan dalam bentuk menarik

Sajikan makanan buat anak dalam bentuk yang semenarik mungkin untuk mengambil perhatian anak dan membuat anak mau makan. Makanan bisa bunda letakkan di wadah yang di sukai si kecil, nasi bisaa di cetak menggunakan bentuk yang di sukai si kecil dan bunda juga bisa menambah hiasan agar makanan menjadi semakin menarik.

  • Cara mengatasi anak susah makan dengan mengurangi jajan di luar

Sebisa mungkin kurangi anak untuk selalu jajan di luar, karena terllalu  banyak jajan akan membuat anak menjadi kenyang sehingga anak akan kehilangan nafsu untuk makan.

  • Cara mengatasi anak susah makan dengan mengurangi asupan air saat makan

Saat si kecil makan, kurangi frekuensi anak untuk minum, karena lambung si kecil akan penuh oleh air dan membuat anak menjadi tidak nafsu makan.

  • Buat waktu makan menjadi menyenangkan

Buat agar waktu makan merupakan waktu yang menyenangkan, jangan ancam atau sakiti anak agar mau makan, karena hal itu justru membuat anak berfikir bahwa makan merupakan sesuatu yang menakutkan. Dan juga jangan memberi janji untuk anak agar mau makan.

  • Buat jadwal makan yang teratur

Dengan membuat jadwal makan ang teratur, akan membuat anak mengetahui waktu untuk makan, dan proses pencernaan anak pun  akan baik. Saat jam makan perut sudah akan merasa lapar sehingga anak mempunyai nafsu untuk makan.

Itulah beberapa tips Cara Agar Anak Mau Makan Nasi. Ingat ya bun makanan di rumah tetap lebih sehat dari pada harus jajan di luar. Jika anak tidak menyukai nasi, buat nasi menjadi bentuk lain yang dapat di nikmati anak, misal dengan membuatnya menjadi arem – arem, karena nasi tetap lebih baik daripada anak harus mengkonsumsi mie instan. Semoga bermanfaat.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *