Berapa Takaran Kebutuhan Susu Anak Di Atas 1 Tahun ? 1


Berapa takaran Kebutuhan Susu Anak Di Atas 1 Tahun -

Berapa takaran Kebutuhan Susu Anak Di Atas 1 Tahun –

SUSU SI PELENGKAP GIZI

Kesalahpahaman tentang susu. Susu merupakan sumber zat gizi yang baik bagi tumbuh kembang balita, karena itu dianjurkan untuk dikonsumsi tiap hari. Selama ini susu dianggap sebagai satu-satunya produk makanan yang sempurna karena mengandung zat gizi lengkap yang diperlukan tubuh. Bahkan banyak orang berangkapan sarapan dengan segelas susu sudah memadai. Padahal untuk memenuhi kebutuhan gizi pagi hari, tetap harus ditambahkan karbohidrat dan protein.

Kandungan susu

Secara umum, susu mengandung protein, karbohidrat, lemak, serta vitamin dan mineral. Namun perlu diingat susu bukanlah pengganti keseluruhan dari kebutuhan makanan sehari-hari, karena masih banyak bahan makanan lain yang kandungan protein, karbohidrat, dan lemaknya lebih tinggi dari susu, dan ini sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak.

Kandungan susu yang sesungguhnya dibutuhkan tubuh adalah kalsium. Menurut Siti Fatimah Moeis, M.Sc., dokter dan ahli gizi lulusan University of London, angka kecukupan kalsium rata-rata yang dianjurkan di Indonesia adalah 500 – 800 mg per orang per hari. Susu memang memiliki kandungan kalsium yang cukup banyak, yaitu susu bubuk full cream 895 mg/gr dan susu bubuk skim 1.300 mg/gr. Tetapi susu bukanlah satu-satunya sumber kalsium. Sayuran hijau (bayam misalnya), kacang-kacangan, buah-buahan, brokoli, tempe, tahu dan makanan laut juga memiliki kandungan  kalsium yang cukup besar. Antara lain, dalam 100 g sari kedelai bubuk terdapat 450 mg kalsium (tetapi dalam 100 g sari kedelai cair hanya terdapat 50 mg), tempe kedelai murni 129 mg, tahu 124 mg, bayam merah 368 mg, bayam hijau 267 mg,  rebon kering (udang kecil) yang sarat kalsium, yakni 2.306 mg/100 g, rebon segar 757 mg, udang kering 1.209 mg kalsium, udang segar 136 mg kalsium, teri kering 1.200 mg dan teri segar 500 mg.

Seberapa banyak konsumsi susu yang dibutuhkan anak ?

Konsumsi susu sampai bayi berusia 6 bulan adalah sekitar 900 – 1.200 cc per hari. Setelah lebih dari 6 bulan kebutuhan susu semakin berkurang karena anak sudah mengenal makanan sehingga cukup diberikan 300 – 400 cc per hari. Setelah lebih dari 2 tahun cukup sekitar 250cc susu full cream per hari bila berat dan tinggi anak sudah proporsional, namun dapat ditambah bila kegiatan anak cukup banyak atau bila kebiasaan makannya kurang baik.

Pada usia di atas 2 tahun, anak-anak harus diprioritaskan makan tiga kali. Sungguh tidak benar kalau kita sebagai orang tua memaksa anak untuk minum susu 4-5 botol dan membiarkannya makan hanya 2 kali sehari.

Jenis susu yang dikonsumsi

Saat ini tersedia beragam pilihan, antara lain : susu berbentuk cair dan disebut susu segar atau susu murni, susu bubuk full cream yg berkadar lemak tinggi, susu bubuk skim yang berkadar kalsium tinggi tetapi rendah atau tanpa lemak. Secara umum kandungan tiap jenis dan bentuk susu kurang lebih sama.

Yang perlu diperhatikan

  • ASI merupakan bahan makanan paling tepat untuk awal kehidupan bayi. Susu formula merupakan makanan pengganti yang dibuat sedemikian sehingga komposisinya mendekati kualitas ASI, namun tetap tidak bisa mengalahkan kualitas ASI.
  • Susu kental manis tidak memiliki kandungan zat gizi seperti jenis susu yang lain, karena itu tidak bisa dijadikan susu pelengkap pada menu makanan anak sehari-hari. Bila tubuh anak normal dan tidak mengalami gangguan kesehatan atau pertumbuhan, sebaiknya anak diberikan jenis susu segar (susu murni) atau susu full cream.
  • Jangan memaksa anak untuk mengkonsumsi susu terlalu banyak, karena anak akan merasa kenyang mengingat kandungan airnya yang mencapai 90%.

Sumber :

  1. Susu Pelengkap Gizi Balita, Ayahbunda 1/2002
    Konsultasi ilmiah : Samuel Oetoro, MD.MS., Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia DKI Jakarta.
  2. http://www.indomedia.com/intisari/2000/nov/susu-11.htm
  3. http://www.indomedia.com/intisari/1999/september/kalsium.htm


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

One thought on “Berapa Takaran Kebutuhan Susu Anak Di Atas 1 Tahun ?

  • Inibayiku.com

    Benar sekali. Asi adalam kebutuhan nomor satu untuk bayi. Sebagus apapun kualitas susu formula, ia hanya sebatas pendamping. Itulah mengapa, sampai saat ini belum ada susu formula merk apapun yang mencantumkan usia di bawah 1 tahun.