Khasiat Albumin Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan


CARA MENAMBAH BERAT BADAN ANAK DENGAN KHASIAT ALBUMIN IKAN GABUS

Ikan ini merupakan ikan yang lumayan susah di cari di pasar. ikan air tawar jenis ini merupakan ikan predator di daerah teritorialnya dan ikan ini mempunyai tekstur daging yang lembut dan keset banyak manfaat dan khasiat dari ikan gabus.

Ikan gabus banyak ditemukan di danau, rawa rawa, sungai maupun sawah. Pada saat musim hujan, dan banjir kadang ikan gabus ini seringkali terdampar di parit2 kecil di sekitar rumah. dan tak jarang juga ikan gabus ini memasuki sawah dan menjadi hama bagi petani karena ikan gabus ini memangsa ikan ikan kecil yang sengaja di pelihara oleh petani disawahnya.

gizidat - madu ikan sidat plus probiotik

agen vitabumin review GIZIDAT lebih baik

agen vitabumin review GIZIDAT lebih baik

Kandungan Gizi Ikan Gabus 

Ikan gabus sangat kaya albumin, jenis protein yang mempercepat penyembuhan pasca operasi dan melahirkan. Zat ini juga membantu pertumbuhan anak dan menambah berat badan orang dengan HIV/AIDS (ODHA). Keluar dari rumah sakit pasca operasi, seperti sehabis persalinan, merupakan fase yang cukup kritis karena pasien harus berjuang untuk kesembuhannya. Kita sering mendengar larangan mengonsumsi makanan tertentu. Informasi itu kadang masuk akal, tetapi sering membuat bingung karena bertolak belakang satu sama lain.

Secara umum sebenarnya tidak ada pantangan makan bagi pasien pascaoperasi, kecuali bila menderita alergi atau mendapat pesan khusus dari dokter. Sehabis menjalani operasi usus misalnya, tentu kita tidak boleh mengonsumsi makanan yang sulit dicerna. Sebaliknya, pascaoperasi persalinan, makan banyak merupakan solusi untuk mempercepat proses penyembuhan, terutama makanan kaya protein, vitamin, dan mineral. Zat gizi sangat diperlukan untuk membantu tubuh melakukan proses penyembuhan pascaoperasi, yaitu memperbaiki sel dan jaringan. Zat gizi berkualitas juga diperlukan untuk memperkuat imunitas (sistem kekebalan) tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.

Selain memiliki banyak protein, daging ikan gabus memiliki banyak kandungan gizi lainnya Di antaranya, zinc (seng), asam amino, lemak dan trace element lain yang diperlukan tubuh.

Berikut adalah beberapa manfaat dari ikan gabus :

  • Membantu proses penyembuhan penyakit seperti: Hepatitis, TBC/Infeksi Paru, Nephrotic.
    Syndrome,Tonsilitis, Thypus, Diabetes, Patah Tulang, Gastritis, ITP, HIV, Sepsis, Stroke, Thalasemia Minor.
  • Meningkatkan kadar Albumin dan Daya Tahan Tubuh.
  • Membantu Menghilangkan (pembengkakan).
  • Memperbaiki Gizi Buruk pada Bayi, Anak dan Ibu Hamil.
  • Membantu penyembuhan Autis.
  • Mempercepat proses penyembuhan Pasca Operasi.
  • Mempercepat penyembuhan Luka luar dalam.
  • Sebagai larutan pengganti pada keadaan defisiensi albumin consolidating.

Sebetulnya ikan gabus memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Ikan-ikan gabus liar yang ditangkap dari sungai, danau dan rawa-rawa di Sumatra dan Kalimantan kerap kali diasinkan sebelum diperdagangkan antar pulau. Gabus asin merupakan salah satu ikan kering yang cukup mahal harganya. Selain itu ikan gabus segar, kebanyakan dijual dalam keadaan hidup, merupakan sumber protein yang cukup penting bagi masyarakat desa, khususnya yang berdekatan dengan wilayah berawa atau sungai.

Baca Juga : Batuk Biasa atau Batuk Flek?? BUNDA WAJIB BACA INI !

Ikan gabus juga merupakan ikan pancingan yang menyenangkan. Dengan umpan hidup berupa serangga atau anak kodok, gabus relatif mudah dipancing. Namun giginya yang tajam dan sambaran serta tarikannya yang kuat, dapat dengan mudah memutuskan tali pancing. Untuk masyarakat desa yang khususnya petani, ikan gabus sangat membantu memusnahkan hama, misalnya: sawah yang banyak di huni oleh hama keong, sering kali berujung dengan gagal panen, akibat dari ulah keong yang sering memakan padi, terutama di usia muda. Namun beberapa petani menemukan cara yang cukup mudah dan sangat membantu, yaitu, dengan mengembang biakan ikan gabus di sawah-sawah yang sedang di garapnya, dengan demikian keong-keong yang banyak merugikan petani sedikit demi sedikit akan berkurang,

Akan tetapi ikan ini juga dapat sangat merugikan, yakni apabila masuk ke kolam-kolam pemeliharaan ikan (Meskipun beberapa kerabat gabus di Asia juga sengaja dikembangbiakkan sebagai ikan peliharaan). Gabus sangat rakus memangsa ikan kecil-kecil, sehingga bisa menghabiskan ikan-ikan yang dipelihara di kolam, utamanya bila ikan peliharaan itu masih berukuran kecil. Ikan gabus juga menjadi spesies penganggu no.1 di Sulawesi dan Irian Jaya karena mereka telah memusnahkan speesies ikan asli.

Diungkapkan dalam penelitian Prof. Dr. Ir. Eddy Suprayitno, bahwa ikan gabus / ikan kutuk memiliki kandungan protein albumin tertinggi dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan yang lain, seperti: ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan lain-lain. Termasuk kadar protein ikan gabus / ikan kutuk juga tertinggi dibandingkan dengan bahan pangan yang selama ini dikenal sebagai sumber protein seperti: telur, daging ayam, dan daging sapi.

Inilah yang menyebabkan kenapa orang tua dulu memberikan ikan gabus / ikan kutuk ini kepada anak-anak, orang tua, atau orang sakit, tak lain dikarenakan protein yang dikandung oleh ikan gabus / ikan kutuk sangat mudah dicerna oleh bayi, anak-anak, manula/lansia, serta pasien-pasien penyakit berat yang mengalami kekurangan albumin.

1. Manfaat Albumin Ikan Gabus berfungsi untuk mengatur tekanan osmotic dalam darah, menjaga keberadaan air dalam plasma darah sehingga dapat mempertahankan volume darah dalam tubuh agar tidak terjadi pembengkakan / oedema. Dalam konteks anak-anak , bila kadar albumin rendah, protein yang dikonsumsi anak akan pecah. Protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi tidak maksimal. Pada anak yang kekurangan albumin, seperti penderita tuberkulosis (TBC), daya kerja obat yang diminum menjadi kurang maksimal.

2. Lantas Adakah Efek Samping Jika Kelebihan Albumin?
Tidak ada! Jika mengkonsumsi berlebihan albumin ini tidak akan menyebabkan kelebihan albumin (hiper albumin). Ketika pasokan albumin berlebih, tubuh akan menyimpannya sebagai massa otot, sehingga orang sehat pun aman mengkonsumsi albumin sebagai suplemen.

3. Jika Anak Kekurangan Albumin
Sebenarnya tubuh memiliki cadangan albumin yang bisa digunakan bila asupan albumin sangat kurang. Cadangan albumin berada di dalam otot. Namun, bila albumin cadangan ini diambil terus-menerus, akan mengganggu metabolisme tubuh. Orang tersebut akan terlihat sangat kurus dan tubuhnya tidak bugar.

Pada anak yang sedang berada di fase periode emas pertumbuhan (golden age), yaitu usia 1-5 tahun, kekurangan albumin akan sangat mengganggu pertumbuhan badan dan otaknya. Semakin sedikit albumin, pertumbuhan sel ditubuh dan otak akan semakin lambat. Pertumbuhan sel yang lambat inilah yang menyebabkan anak lambat perkembangan tubuhnya serta menjadi kurang cerdas.

Baca Juga : Jangan Sepelekan Biang Keringat Pada Anak | Penyebab dan Tips

4. Konsumsi ikan gabus / ikan kutuk sebanyak 2 kg per hari dalam waktu 8 hari bisa meningkatkan kadar albumin agar mencapai standar ideal yakni 3,5-5 g/dl. Lantas bagaimana solusinya agar lebih gampang dan disukai anak2? Untuk anak sekarang tersedia dalam bentuk Madu Albumin Anak yang membuat anak senang mengkonsumsi karena rasanya yang manis dan bermanfaat.

Banyak orang tua merasa sudah cukup memberi asupan makanan yang bergizi yang seimbang kepada anaknya, sudah diberi karohidrat,protein, lemak, vitamin dan mineral. Tetapi setelah dianalisis, ternyata banyak dari orang tua yang tidak menyadari bahwa yang diberikan kuantitasnya masih kurang dari kebutuhan yang diperlukan anak.


gizidat - madu ikan sidat plus probiotik

Gizidat – Madu Ikan Sidat Plus Probiotik

“Berkualitas yang temani tumbuh kembang Si Kecil”

MENGAPA HARUS GIZIDAT?

  1. Gizidat merupakan kombinasi terbaik bahan alam Indonesia.
  2. Terbuat dari madu hutan asli Indonesia, dari lebah Apis Dorsata lebih kaya kandungan nutrisinya & lebih alami daripada lebah Apis Mellifera di madu ternak.
  3. Mengandung Ekstrak Ikan Sidat yang kaya akan protein albumin tetapi juga kaya akan Omega 3 , 6, 9 Vitamin B dan Zinc.
  4. Mengandung Temulawak, proses ektrak temulawak kami dengan Teknologi tinggi sehingga optimal dalam mengambil minyak atsiri temulawak sehingga lebih efektif untuk meningkatkan nafsu makan anak Anda.
  5. Juga mengandung Probiotik ,Gizidat pertama di Indonesia yang memadukan madu dengan Probiotik, berguna meningkatkan kemampuan pencernaan anak, sehingga daya serap nutrisi tubuhnya lebih baik.

“INFORMASI LEBIH LANJUT”

“KLIK LINK DIBAWAH INI”

GIZIDAT <

Artikel Lainnya

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *